Bernostalgia Dengan Lagu Slow Rock Malaysia & Kenapa di Indonesia Masih Banyak Penggemarnya

Senin, 28 Januari 2019

Lagu-Kumpulirik-----Pernah ga agan2 berpikir kalau musik Malaysia di Indonesia itu ternyata penggemarnya masih banyak loh, bahkan bukan hanya generasi2 lawas saja yang menyukai musik slow rock khas negeri jiran tersebut tapi juga ada beberapa anak2 jaman sekarang yang suka dengan musik aliran ini. Biasanya sih mereka terinfluens dari kakak, saudara atau mungkin orang tua mereka yang doyan muterin lagu2 slow rock.

Slow rock Malaysia sempat merajai dunia musik Indonesia di era 90 an, ada puluhan band2 dan penyanyi Malaysia yang terkenal dan lagu2nya merajai radio2 di Nusantara.

Sebut saja Search, Exists, Iklim, Spoon, UKS, Sting, Slam, Ella dan masih banyak lagi.  Itulah sedikit deretan band2 dan penyanyi Malaysia yang sempat menjadi bintang di negeri kita. Dan setelah sekian dekade musik slow rock ini tenggelam seiring dengan bermunculannya band2 baru dari negeri sendiri seperti Sheila On 7, Padi, Naif dipertengahan sampai akhir 90 an, terus kemudian disusul Peterpan, Naff dll di awal 2000 an. Tapi ternyata walaupun gaungnya sudah meredup dipasaran musik Indonesia musik Slow Rock Malaysia masih tetap memiliki banyak peminatnya. Terbukti dibeberapa stand2 penjual CD bajakan masih banyak yang menjual dan memutar lagu2 tersebut, dan bahkan mungkin kalau boleh jujur lagu2 slow rock Malaysia itu menurut saya pribadi tidaklah membosankan sehingga di Indonesia masih banyak peminatnya. Bahkan kalau di hajatan2 di kampung2 pastilah sering terdengar lagu2 slow rock Malaysia dini berkumandang.

heavy-slow-rock-malaysia-to-indonesia-version-nurhakim21-blogspot-com

Alasan Kenapa Musik Slow Rock Malaysia Masih Banyak Penggemarnya Sampai Saat Ini?

Saat sekitar beberapa tahun yang lalu memanasnya hubungan Malaysia dan Indonesia yang terjadi mulai dari isu2 klaim, sepak bola, politik dsb ternyata yang namanya musik tidak bisa dibohongi, walaupun sebagian besar masyarakat Indonesia membenci Malaysia tapi untuk selera musik masih banyak yang setia. Itu menunjukan bahwa musik itu merupakan bahasa Universal tidak mengenal teritorial, Ras, Agama, Suku atau pembeda2 lainnya. Dan pastinya musik itu bisa menjadi pemersatu bangsa juga.

Kembali ke topik kenapa masih banyak masyarakat Indonesia yang tetap mencintai musik Malaysia ada beberapa kemungkinan salah satunya musik mudah meresap dan dinikmati bahkan bisa menjadi memory saat musik itu memberikan banyak kenangan. Ya kemungkinan besar karena sekitar tahun 90 an itu musik2 Malaysia mulai mewabah di kalangan anak muda Indonesia sehingga segala aktivitas dijaman itu tak lepas dari musik slow rock ini. Mungkin banyak yang memiliki kenangan dengan lagu “Mencari Alasan” milik Exist saat diputuskan pacarnya, atau mungkin dengan lagu ” Rindu Serindu Rindunya ” milik Spoon saat berkangen-kangenan dengan sang kekasih … hehe hayoo ngaku saja deh pasti agan2 yang baca artikel ini sedikit ngerasa yah? hehe .

Selain itu ternyata lagu2 Malaysia juga easy listening atau mudah dinikmati dan didengar , bahkan mungkin mudah diingat juga. Sehingga musik itu mudah terngiang-ngiang dan lama kelamaan menjadi hafal. Contohnya ane gan, jamannya slow rock lagi booming ane mungkin masih ingusan tapi karena abang ane setiap hari ndengerin lagu2 slow rock bahkan kalau main gitar pun mainnya slow rock akhirnya ane pun jadi hapal dan lama2 jadi suka juga.

Fakta di Malaysia Ternyata Sudah Sedikit Yang Mengetahui atau Menyukai Lagu2 Slow Rock

Ya bener gan, ane sempat beberapa kali ngobrol2 dengan teman chat orang2 Malaysia dan bertanya2 tentang selera2 musik mereka dan kebanyakan sekarang anak2 muda disana sekarang banyak yang lebih menyukai musik2 asal luar negeri salah satunya Indonesia. Dan sempat saat saya tanya tentang musik2 slow rock di Malaysia kata mereka itu sudah ketinggalan jaman dan mungkin kalau boleh dibilang udah ga keren lagi kalau masih mendengarkan lagu2 itu. Mungkin hanya beberapa generasi lawas saja yang masih menyukainya. Kalau untuk generasi sekarang sangat jarang yang tahu atau bahkan menyukainya.

Tapi para musisi Slow Rock Malaysia sekarang masih bisa berbangga karena ternyata di Indonesia masih banyak peminatnya.

Musisi Slow Rock Malaysia Yang Masih Eksis

Dari pengamatan ane beberapa musisi slow rock Malaysia mungkin sudah bubar atau menghilang , mungkin karena faktor usia dan pangsa pasarnya juga yang membuat mereka tidak berkarya lagi.

konsert-penghargaan-search-di-awan-biru

Tapi ada beberapa musisi slow rock yang masih tetap eksis sampai saat ini salah satunya yaitu Search, band yang dimotori oleh Ammy ini memang baru2 ini masih sering mengadakan konser reuni bersama bandnya. Bahkan beberapa kali beliau konser di Indonesia. Khusus untuk Ammy sendiri masih aktif mengeluarkan beberapa lagu salah satunya yang saya tahu yaitu lagu Rentak Laguku yang mana beliau duet bersama band punk Malaysia Bunkface.

picc

Selanjutnya yaitu Wings, band yang di motori oleh Awy sebagai vokal ternyata saat ini juga masih eksis dan masih sering tampil ditelevisi Malaysia.

slamliveinsingapore2

Selain itu masih ada Slam yang beberapa waktu ini kembali reuni dan comeback, kemudian ada penyanyi Ella juga yang masih mengeluarkan beberapa singlenya.

Itulah mungkin beberapa musisi slow rock yang ane tahu masih aktif saat ini. Kalau mau nambahin silahkan.

Sumber : https://toelank.wordpress.com



Januari 28, 2019

0 komentar: