PENGERTIAN DAN PERKEMBANGAN SENI MUSIK

Selasa, 03 Mei 2016

Alat Musik Angklung
Hidup terasa lebih indah jika diwarnai dengan musik. Musik tidak pernah lepas dari denyut nadi kehidupan manusia di dunia. Apakah seni musik itu?..seni musik adalah satu cabang seni yang menggunakan musik sebagai sarana untuk mengungkapkan ekspresi, perasaan atau isi hati dari seseorang. beberapa orang beranggapan bahwa musik tidak berwujud sama sekali, namun musik dapat dirasakan melalui pendengaran, sehingga mampu memberikan ransangan kepada jiwa kita tergantung dari musik yang di dengarkan.

Seni musik adalah salah satu cabang seni yang menggunakan olah vokal, melodi, harmoni, ritme, dan tempo sebagai sarana mengekspresikan perasaan atau emosi penciptanya. Seni musik saat ini telah menjadi salah satu sarana hiburan terpopuler seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Seni musik terdiri dari alunan musik dari alat musik dan beberapa menggunakan olah vokal. Dalam bahasa Inggris, “seni” disebut art dan “musik” disebut music.

Pengertian Seni Musik

1. Definisi Seni Musik

Seni musik berasal dari dua kata, yaitu “seni” dan “musik”. Seni adalah hasil cipta, rasa, dan karsa manusia yang diwujudkan dalam berbagai sarana. Sedangkan musik adalah hasil pengolahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo. Jadi, secara harfiah seni musik adalah hasil cipta, rasa, dan karsa mausia yang diwujudkan dalam olahan suara, melodi, harmoni, ritme, vokal, dan tempo.

Tidak ada arti kata seni musik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Namun terdapat arti kata seni suara yang memiliki makna paling dekat dari seni musik. Arti kata seni suara menurut KBBI adalah seni olah suara atau bunyi (nyanyian, musik, dsb).

2. Asal Mula Kata Seni Musik

Etimologi kata “seni” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti “penyembahan, pelayanan, pemberian”. Ada juga yang mengatakan bahwa asal mula istila “seni” berasa dari bahasa Belanda genie yang berasal dari bahasa Latin yang berarti “jenius”.

Sedangkan etimologi kata “musik” berasal dari bahasa Inggris music yang berasal dari bahasa Yunani mousikê. Mousikê merujuk kepada semua seni yang dipimpin oleh Muses yang berupa musik dan puisi.

3. Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Saya sengaja bedakan pengertian seni musik dan pengertian musik. Banyak sekali para ahli yang mencoba memberikan pengertian seni musik menurut pandanganya masing-masing. Salah satunya adalah Suhastjarja. Pengertian seni musik menurut Suhastjarja adalah pengungkapan rasa keindahan seorang manusia yang diwujudkan di dalam nada atau bunyi yang pada akhirnya menghasilkan ritme dan harmoni.

Di era millenium ini, dijaman globalisasi dan transfaransi  ini seiring dengan berjalannya waktu, banyak dari kalangan masyarakat pecinta musik yang salah dalam menafsirkan tujuan dari seni musik, musik yang di maksud masyarakat modern sekarang adalah sebagai bentuk dari hura-hura dan ungkapan kebrutalan semata, sehingga hal ini menyebabkan citra dari seni musik kurang baik.
perlu kita ingat bahwa tujuan seni musik adalah untuk kebutuhan batin , sehingga di sini kita meng artikan fungsi seni musik sebagai kebutuhan batin yang bernilai luhur.


Tujuan Dan Perkembangan Seni Musik

Menurut pengertian dan definisinya, seni musik terbagi menjadi dua jenis yaitu seni musik modern dan tradisional , diantara jenis jenis seni musik salah satu yang sering kita lupakan adalah jenis seni musik tradisional, dalam ditengah pesatnya kemajuan dalam berbagai aspek kehidupan, keindahan tidak lagi menjadi tujuan yang paling penting dalam berkesenian. padahal jenis seni musik tradisional memiliki nilai-nilai yang melekat dari berbagai sudut pandang yakni yang mencakup nilai keindahan, nilai pengetahuan dan nilai kehidupan.

Namun sangat disayangkan sekali dalam zaman yang semakin modern ini, nilai nilai dari seni musik tradisional mulai terlupakan. perkembangan seni musik saat ini memang sudah tidak berada dalam jalurnya.

untuk perkembangan seni musik di indonesia sendiri pada zaman modern ini, banyak sekali para tokoh seni musik yang berlomba-lomba dalam mengkombinasikan karya mereka sesuai dengan kemajuan pasar musik di indonesia. mulai dari mengikuti perkembangan zaman dengan membuat karya baru. bahkan ada juga yang memvariasikan musik tradisional dan mengubah segala bentuk ritme nya kedalam bentuk seni musik moden. sehingga dari karya seni musik nya tidak lagi menunjukan nilai keindahan dan terlihat tidak tampak natural.

Demikian artikel tentang seni musik ini, semoga bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan kita tentang musik ini. terimakasih


Sumber : di rangkum dari berbagai sumber.

referensi :
  • Buku; Musik: Pendidikan, Budaya dan Tradisi, penulis  Erie Setiawan, penerbit HIPKI Yogyakarta
  • Buku; The Basics of Music Theory Grade 1, penulis Lee Cheng cin 
  • Buku; Terampil Bermain Musik  untuk Kelas IX SMP, Penulis Fasih Subagyo, Penerbit TS




Mei 03, 2016

0 komentar: