MANA YANG TERBAIK CARA BERMAIN GITAR KLASIK ATAU ROCK?

Sabtu, 07 Mei 2016

Sahabat muda pencinta musik sekalian---Jika kita perhatikan permainan para pemain gitar profesional, maka cara mereka memegang gitar ada yang menggunakan cara bermain gitar klasik dan cara bermain gita versi Rock, nah saya sendiri awalnya masih bertanya-tanya, yang mana sebenarnya yang terbaik untuk memainkan alat musik petik ini?.



Jika anda ingin bermain gitar klasik, kemudian gunakan tips belajar gitar ini yaitu meletakkan gitar pada kaki yang sama dengan tangan yang digunakan untuk menekan senar. Sedangkan untuk posisi normal yaitu dengan meletakkan gitar di kaki dimana posisi tangan memetik senar. Misalnya pemain dengan tangan kanan, ini berarti menempatkan gitar anda pada kaki kanan.

Tips belajar gitar akan membantu anda mendapatkan posisi yang lebih baik untuk bermain dengan tekniknya masing masing, misalnya teknik fingerstyle pada gitar klasik. Namun jika anda bermain gitar musik rock atau pop menggunakan posisi klasik tersebut menurut saya terlihat aneh.

Jangan menyangga neck dengan tangan
Pastikan tangan anda ketika berada pada neck tidak menjadi tumpuan neck gitar anda dan pastikan bahwa neck gitar anda stabil ketika dimainkan. Hal ini dikarenakan, ketika anda bermain gitar maka dipastikan jari jari anda akan selalu bergerak ketika berpindah chord, dan jika tangan tersebut juga anda gunakan untuk menumpu neck maka hal itu akan menjadi beban pada tangan sehingga jari tidak bisa bergerak bebas. Oleh karena itu perhatikan tips belajar gitar ini untuk membuat anda nyaman dalam bermain chord gitar.

Jari saat menekan senar
Menekan terlalu keras pada senar akan membuat beberapa not mungkin terdengar lebih keras, dan hal itu akan membuat chord yang anda mainkan terdengar sedikit aneh, sehingga anda harus benar-benar hati-hati untuk itu.

Cobalah dengan menekan senar secara ringan namun semua tertekan dengan sempurna, hal itu akan membuat semua not terdengar dengan jelas dan volumenya sama. Kemudian ketika ingin berpindah chord, gerakkan jari anda jauh dari fret atau usahakan jari anda tidak menyentuh senar saat berganti chord.  Dengan melakukan tips belajar gitar yang satu ini maka chord yang anda mainkan akan terdengar lebih bersih.

Penempatan ibu jari
Usahakan untuk ibu jari diposisikan di belakang neck saat anda bermain chord. Walaupun pada beberapa teknik bermain gitar, ibu jari kadang diposisikan di samping neck, tapi sebagai pemula usahakan tetap berada di belakang neck . Tips belajar gitar ini akan membantu mengembangkan otot-otot jari yang anda perlukan untuk memainkan kunci gantung..

Jaga kuku supaya tetap pendek
Untuk bisa bermain gitar dengan lancar, maka anda harus selalu menjaga kuku anda tetap pendek. Jika kuku anda panjang maka kuku tersebut akan mengganjal jari jari anda pada fingerboard sehingga ketika digunakan untuk memainkan chord bunyinya menjadi tidak bersih. Untuk menekan senar anda harus menggunakan ujung jari anda pada setiap not atau senar sehingga suara akan lebih nyaring dan mudah dimainkan. Oleh karena itu selalu perhatikan tips belajar gitar yang ini.

Jangan sampai mengganggu bunyi senar lainnya
Kebanyakan pemula saat memainkan chord terbuka atau open chord, mereka kadang salah memposisikan jari yang tidak digunakan sehingga jari tersebut mengganggu senar lain misalnya senar 1 menjadi tidak berbunyi. Hal itu tentunya sangat mengganggu chord yang anda mainkan tersebut, nadanya menjadi tidak lengkap.Sebagai pemula, anda harus menghindari ini. Mungkin anda juga memiliki masalah tentang hal ini yang membuat senar tidak berbunyi dan juga menghambat kecepatan perubahan chord gitar yang anda mainkan. Tips belajar gitar unuk menghindari hal tersebut yaitu dengan cara menempatkan jari yang tidak anda gunakan jauh di atas fretboard. Dengan menempatkannya di atas fretboard, maka hal itu juga membantu anda ketika perpindahan kunci gitar sehingga menjadi lebih mudah dan cepat.

So....gimana menurut sobat semua, mana yang terbaik, cara bermain gitar klasik atau rock?...



Mei 07, 2016

0 komentar: