Home » , , , , » THE BEATLES SANG LEGENDARIS YANG DRAMATIS

THE BEATLES SANG LEGENDARIS YANG DRAMATIS

The Beatles, John Lenon, Fans Beatles, Paul Mc Cartney, Geoger, Horrison, Stuart Stucliffe
Setiap pencinta dan penggemar musik pasti mengenal The Bearles Sang Legendaris. Grup musik The Beatles yang datang dari kota Liverpool Inggris, suatu kota pelabuhan di Pantai Barat Inggris. The Beatles beranggotakan beberapa legenda musik dunia yakni John Lennnon, Paul Mc Cartney, George Horrison, serta Stuart Sutcliffe. Pada 1961 Stuart Sutcliffe keluar dari The Beatles serta digantikan Paul pada posisinya dulu sebagai pemain bass. Performance The Beatles di Liverpool pada 1961 memperoleh sambutan meriah, juga seseorang entrepreneur lokal Brian Epstein tertarik serta pada akhirnya jadi manajer The Beatles. Karena usahanya, Beatles lalu bikin kontrak rekaman dengan Parlophone cabang perusahaan rekaman EMI Records  pada 1962.

Ringgo Starr lalu masuk jadi personil baru The Beatles 1962 menempati posisi pada pemain drum permanen. Pada Oktober 1962 mereka mengeluarkan singel berjudul Love Me Do yang mencapai posisi ke 17 lagu terpopuler di Inggris. Setelah itu Please Please Me yang launching  pada 1963 menempati ranking ke 2 lagu terpopuler serta jadi momentum kepopuleran Beatles di seantero Eropa.

Beatles lalu menjelajah ke Benua Amerika mengadakan tour di beberapa kota besar. Sambutan orang-orang Amerika betul-betul menggila. Beberapa ratus ribu orang senantiasa memadati konser-konser Beatles, bahakan jutaan orang melihat melalui monitor TV. Album-album Beatles juga laris di pasar Amerika, Eropa juga Asia. Dari album Rubber Soul (1965), Beatles sudah merubah image dari lagu-lagu cinta menjadi beraliran rock dengan beragam tema lagu. Produser George Martin juga memerankan tokoh utama dalam menyajikan kebebasan pada mereka untuk bereksplorasi dalam mencipta lagu.

Dalam tahun-tahun rekaman album studio, Beatles merilis karya-karya yang dinilai terbaik oleh kritikus, salah satunya Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), dipuji sebagai karya agung. Empat dekade setelah bubar, musiknya masih populer. Mereka memiliki lebih dari satu album nomor 1 di tangga lagu Britania Raya dan bertengger paling lama dibanding pemusik manapun. Berdasarkan RIAA, mereka adalah pemusik yang menjual album terbanyak di Amerika Serikat. Tahun 2008, majalah Billboard merilis daftar musikus dengan penjualan terbesar sepanjang sejarah Hot 100 untuk merayakan 15 tahun hari jadi tangga lagu singel Amerika dimana The Beatles berada di nomor satu. Tujuh kali mendapat Grammy Awards, 15 Ivor Novello Awards dari British Academy of Songwriters, Composers and Authors, The Beatles secara kolektif dimasukkan dalam kompilasi majalah TIME sebagai satu dari 100 orang paling berpengaruh di abad ke-20.

Padaa 29 Agustus 1966 Beatles menggelar konser paling akhir di San Fransisco. Sesudah itu mereka kembali ke studio untuk mengerjakan rekaman singel Strawbery Field Forever (1967). Tetapi keretakan di grup ini mulai terlihat di  1969. Tetapi Beatles terus membuahkan album-album top seperti The Beatles serta Refolver. Keretakan semakin mencapai puncak dan akhirnya Beatles dengan cara resmi menyatakan bubar pada tanggal 10 April 1970.

Beberapa orang mengharapkan group music ini menyatu kembali, tetapi sesudah John Lenon tewas ditembak penggemarnya tanggal 8 Desember 1980 harapan pengagum Beatles di penjuru dunia tak akan terwujud. Tetapi pada 1995 singel "Free As A Bird" launching dibawah stempel beatles. Sekian juga The Beatles Anthology suatu serial histori untuk TV launching. Sampai saat ini lagu-lagu beatles terus di buru penggemarnya sampai menasbihkan bahwasanya Beatles tidak sempat mati.

Aneh memang, cuma berumur sepuluh tahun, tapi pengaruh The Beatles kuat sekali di seluruh dunia. Mereka yang bikin istilah British Invasion pertama kali populer di Amrik, sebelum era Radiohead, Blur, dan Oasis di tahun 90-an.

The Beatles memainkan musik campuran antara pop dan rock.  Tema lagu mereka terus berkembang. Dari tentang para wanita, seperti di lagu I Wanna Hold Your Hand dan Love Me Do, sampai kehidupan kelas pekerja di Inggris dalam lagu Working Class Hero, serta masalah spiritual dan politik.  Album-album legendaris mereka, diantaranya Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band (1967), White Album (1968), dan Yellow Submarine (1969).

Seperti sang legend Elvis Presley, The Beatles juga mampu menghipnotis para penggemarnya, mereka mampu membuat para wanita histeris, dan para pria terpesona hingga meniru model rambut poni mereka. Tetapi Sayangnya, setelah berjalan beberapa waktu dan karena beberapa masalah pribadi personelnya, terutama antara John dan Paul, makin lama makin parah.  Mereka akhirnya memutuskan bubar setelah merilis album Let It Be tahun 1970. The Beatles Sang Legendaris pun semakin terpuruk dengan kematian John Lennnon yang dibunuh penggemarnya.

Demikian artikel singkat mengenai Biografi The Beatles Sang Legendaris. Semoga bermanfaat! thanks.

Source :
- http://musisiclass1.blogspot.com/2014/05/biografi-beatles-sang-legendaris.html
https://id.wikipedia.org/
- Google Source.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari Lagu


Diberdayakan oleh Blogger.