INILAH PROFIL ENDANG RAES SI PENCIPTA LAGU TERMISKIN DI DUNIA

Kamis, 15 Desember 2011

Lagu-Kumpulirik----Masih ingat lagu Termiskin di Dunia yang dinyanyikan oleh Hamdan ATT, Setiap penggemar dandut tentunya sangat mengenal lagu ini. Munculnya lagu Termiskin di Dunia membuat penyanyi Hamdan ATT terkenal. Apalagi dangdut ketika itu merajai genre musik di tanah air. Namun masyarakat awam mungkin tidak banyak yang mengenal siapa musisi/pencipta yang menghasilkan karya indah terbaik itu. Endang Raes-lah si pencipta lagu Termiskin di Dunia.

Pria kelahiran Sukabumi, 3 Agustus 1967 ini sebelum menciptakan lagu tersebut telah menciptakan dua lagu lainnya. Hanya saja lagu ke-1 dan ke-2 tidak booming. "Lagu Termiskin di Dunia itu lagu ketiga saya, karena dulu belum bisa banget, masih belajar, tapi kebetulan bagus," Endang.
Lagu Termiskin di Dunia mulai diperdengarkan tahun 1987, namun Endang mulai mencipta lagu dangdut sejak tahun 1986. Dia berguru pada penyanyi dan musisi dangdut terkenal, Asmin Chaidir. Ide lagu Termiskin di Dunia lahir bukan karena pengalaman pribadi namun mengalir begitu saja ketika membayangkan seorang laki-laki yang tidak memiliki apa-apa namun tidak ingin kekasihnya menyesal kemudian hari.

"Dari cinta, kisah laki-laki yang merendah. 'aku merasa orang termiskin didunia....lebih baik kau pikir lagi,' Cerita yang merendah," tuturnya.

Kenapa lagu tersebut jatuh kepada Hamdan ATT, Endang menyerahkan sepenuhnya pada label saat itu Gajah Mada Record. Meski begitu, Hamdan saat itu memang masih muda dan fresh. "Dia masih muda, vokalnya masih segar, masih enak. Begitu juga aku idenya masih cemerlang," ujarnya.

Termiskin di Dunia terjual 1 juta lebih kaset dalam bentuk kompilasi dengan beberapa lagu yang dinyanyikan orang yang berbeda dan pencipta lagu. "Edaran per kasetnya Rp 3 ribu," jelasnya.
Source: www.nagaswara.co.id/Vito



Desember 15, 2011

0 komentar: