LIRIK LAGU : KEBYAR-KEBYAR - GOMBLOH

Kamis, 19 Maret 2009

Kebyar-Kebyar - Gombloh


Indonesia ...
Merah darahku, putih tulangku
Bersatu dalam semangatmu

Indonesia ...
Debar jantungku, getar nadiku
Berbaur dalam angan-anganmu

Kebyar-kebyar, pelangi jingga

Biarpun bumi bergoncang
Kau tetap indonesiaku
Andaikan matahari terbit dari barat
Kaupun tetap indonesiaku

Tak sebilah pedang yang tajam
Dapat palingkan daku darimu
Kusingsingkan lengan
Rawe-rawe rantas
Malang-malang tuntas

Denganmu ...

Indonesia ...
Merah darahku, putih tulangku
Bersatu dalam semangatmu

Indonesia ...
Debar jantungku, getar nadiku
Berbaur dalam angan-anganmu

Kebyar-kebyar, pelangi jingga

Indonesia ...
Merah darahku, putih tulangku
Bersatu dalam semangatmu

Indonesia ...
Nada laguku, symphoni perteguh
Selaras dengan symphonimu.

Kebyar-kebyar, pelangi Jingga.

* * *

Indonesia pernah memiliki seorang seniman musik yang begitu legendaris, bahkan hingga seniman yang satu ini sudah meninggal namun namanya tetap dikenang hingga sekarang. Seniman ini adalah yang akrab disapa sebagai Gombloh yang sebenarnya memiliki nama asli Soedjarwoto Soemarsono yang lahir di Jombang Jawa timur pada tahun 1948, dan meninggal pada tahun 1988 di Surabaya Jawa Timur. Gombloh sendiri dikenal sebagai seorang seniman yang memiliki jiwa cinta tanah air yang besar, karena menciptakan beberapa lagu-lagu dengan tema nasionalisme.

Salah satu lagu yang bisa dibilang paling legendaris dari alm.Gombloh adalah yang berjudul "Kebyar Kebyar", yang tentu saja bagi kita sebagai warga negara Indonesia tahu benar dengan lagu ini, karena lagu tersebut sering terdengar ketika memperingati HUT RI diseluruh nusantara. Sebenarnya lagu "Kebyar Kebyar" ini dirilis bukan dari karir solo Gombloh sendiri, melainkan bersama dengan grup musiknya ketika itu yaitu "Lemon Tree's Anno '69", dan dirilis pertama kali pada tahun 1979 dengan pada album dengan nama yang sama dengan judul lagu tersebut yaitu album "Kebyar Kebyar".

"Kebyar Kebyar" memang bukanlah lagu biasa, karena ketika mendengarnya bisa membakar semangat nasionalisme kita, oleh karena itu lagu seperti ini juga sangat cocok untuk membangkitkan rasa cinta kita terhadap tanah air. Selain itu nadanya yang juga begitu menghentakan jiwa, lirik lagu "Kebyar Kebyar" juga begitu puitis dengan tema nasionalis, dan hal tersebut bisa kita lihat dari penggalan lirik lagu tersebut yang berbunyi "Indonesia merah darahku putih tulangku, Bersatu dalam semangatmu, Indonesia debar jantungku getar nadiku, berbaur dalam angan-anganmu, Kebyar-kebyar, pelangi jingga". Bahkan hebatnya lagi pada bagian tengah lagu tersebut juga terdapat syair puisi yang juga mengobarkan semangat nasionalisme.

Sebagai lagu yang bisa mengobarkan semangat nasionalisme, terlebih lagi sekarang juga dalam suasana bulan Agustus, dimana bulan tersebut adalah bulan untuk mempersiapkan dalam memperingati hari kemerdekaan Indonesia, maka tentu saja lagu seperti ini sangatlah cocok. Oleh karena itu berkaitan dengan hal tersebut dan setelah sedikit mereview lagu "Kebyar Kebyar" berikut adalah chord atau kunci gitar beserta dengan Note kunci liriknya.


Lihat  chord atau kunci gitar beserta dengan Note kunci liriknya di sini !!




Maret 19, 2009

0 komentar: