SEJARAH MAJALAH MUSIK BILLBOARD

Sabtu, 19 Desember 2015


Majalah Billboard merupakan majalah mingguan industri musik Amerika Serikat. Majalah ini mengulas tangga musik mingguan berdasarkan kepopuleran lagu dan album. Tangga yang paling populer adalah Billboard Hot 100 dan Billboard 200. Billboard Hot 100 berisi 100 lagu terpopuler tanpa memandang genre atau aliran musik, sedangkan Billboard 200 berisi urutan album terlaris di Amerika Serikat.

Billboard (ditulis billboard) adalah majalah musik Amerika, bermarkas di New York City, New York dan dimiliki oleh Prometheus Global Media. pertama kali diterbitkan pada tanggal 1 November 1894. Hal ini menjadikannya di antara majalah tertua di dunia. Majalah ini awalnya difokuskan pada pengumuman tagihan dan hiburan luar ruangan sebelum mengkhususkan pada industri musik pada era 1950-an.

Billboard mempertahankan beberapa chart yang diakui secara internasional, yang membuat tangga musik paling populer dan serta album di beberapa genre setiap pekan. tangga musik utamanya adalah Billboard Hot 100 dan Billboard 200, keduanya menunjukkan peringkat lagu dan album terlepas dari genre musik. Peringkat lagu didasarkan pada download digital, penjualan elektronik, aiplay radio, dan Internet streaming. Sebagian besar data didasarkan pada Nielsen SoundScan rating, yang telah digunakan sejak tahun 1991.



Awalnya Billboard berjudul Billboard Advertising. Majalah ini pertama terbit tanggal 1 November 1894. Penerbitnya William H. Donaldson dan James H. Hennegan dari Cincinnati, Ohio. Pada tahun 1897, nama Billboard Advertising diganti dengan Billboard. Awalnya Billboard mengulas perkembangan industri hiburan, seperti sirkus, taman bermain, karnaval, dan lain- lain. Sedikit demi sedikit, ulasan mengenai musik pun bertambah. Akhirnya, Billboard hanya mengulas perkembangan industri musik.

4 Januari 1936, majalah Billboard mulai menerbitkan peringkat lagu yang sering diputar dalam gramopon otomat alias jukebox. Pada edisi 27 Juli 1940, majalah pertama kali memuat tangga lagu jukebox dari data statistik yang dihitung sendiri.



Mulai edisi 4 Agustus 1958, Billboard memuat tanga lagu Hot 100. Sejak itu, perlahan- lahan Billboard hanya mengkhususkan diri pada tangga lagu Amerika Serikat.

Dari tahun 1961 hingga 2005, Billboard mengkhususkan diri pada industri musik. Namun sejak tahun 2005, majalah dan situs web Billboard mulai meliput segala aspek dunia hiburan dalam bentuk digital..



Desember 19, 2015

0 komentar: